Advertisement

Advertisement
HeadlineRagam

Jadi Mahasiswa Berprestasi hingga Belajar ke Jepang, Ini Rahasianya!

Creavida Lentera Inspirasi
Senin, 27 Februari 2017, 17.14 WAT
Last Updated 2017-02-27T10:14:36Z
Advertisement

Menjadi kebanggan tersendiri bagi Neilah Nurjannah setelah didapuk mewakili Universitas Padjadjaran (Unpad) dalam pertukaran pelajar ke Hiroshima University di Jepang. Pasalnya, program Student Exchange Short Stay ini baru pertama kalinya diadakan oleh kampusnya.

Capaian Neilah memang bukan hal yang aneh lantaran dia merupakan mahasiswa berprestasi (Mapres) Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unpad periode 2016. Namun, baginya meraih predikat tersebut butuh banyak perjuangan.

"Perjuangannya sudah dimulai saat saya menjadi mahasiswa baru. Saya mengetahui adanya program mahasiswa berprestasi saat adanya kakak tingkat yang diberi penghargaan mawapres ketika prosesi penerimaan maba. Dari sana mimpi saya dimulai," ujarnya dilansir dari laman Unpad, Senin (27/2/2017).

Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, gadis kelahiran Garut, 11 Oktober 1995 itu memberanikan diri keluar dari zona nyaman. Neilah juga harus mempertahankan IPK di atas 3,00, rajin membuat karya tulis, serta ikut berbagai lomba dan belajar bahasa Inggris.

"Mau mencoba tantangan baru, percaya diri dengan kemampuan sendiri, berdoa dan meminta restu dari kedua orangtua. Mahasiswa berprestasi juga harus aktif berorganisasi," tuturnya.

Beberapa prestasi yang pernah ditorehkannya, meliputi Juara 1 lomba esai Forsi Unpad kategori saintek 2016, tiga besar PKM Forsi Unpad kategori KC 2016, tujuh besar lomba PKM Padjadjaran Berprestasi 2015, penerima hibah dana Dikti kategori PKM-KC 2015, sepuluh besar lomba esai nasional UNJ 2014, dan tujuh besar esai terbaik dari FKG tugas pra-PKM Prabu Unpad 2013. Ke depan, Neilah memiliki keinginan untuk mempresentasikan karya tulisnya di kancah internasional.

Berkesempatan belajar di Jepang, Neilah tak mau membuang kesempatan secara sia-sia. Di sana, dia mengikuti kegiatan belajar bersama profesor dan mahasiswa dari universitas tersebut.

"Program dilaksanakan pada periode musim dingin. Saya dan delegasi lainnya juga melakukan orientasi kampus serta rumah sakit," mahasiswi jebolan SNMPTN itu.

Sumber: Okezone.com

TrendingMore