Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mahasiswa Ciptakan Aplikasi Pemutar Musik Berbasis Android

Senin, 27 Februari 2017 | 17.16 WIB Last Updated 2017-02-27T10:16:07Z

Menjalani perkuliahan tidak hanya diisi dengan mengikuti kelas rutin, namun juga digunakan untuk menciptakan inovasi yang bisa berguna bagi masyarakat.

Hal itu lah yang dilakukan oleh Cossa Indra Ramadhani, mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas 17 Agustus, Surabaya. Ia menciptakan aplikasi pemutar musik berbasis Android.

Aplikasi ini memiliki kelebihan yaitu pada menu smartplaylist, thema, warna tampilan dan warna icon aplikasi yang semuanya bisa disetting.

Cossa mengatakan, penelitian ini dilakukan berawal dari hobi mendengarkan musik melalui smartphone. Namun dia merasa kesulitan dalam memilih lagu favorit karena harus memilih satu per satu dari banyaknya lagu dalam playlist. Selain itu juga tampilan media player yang itu-itu saja sehingga membuat bosan.

“Dengan aplikasi pemutar musik berbasis Android akan memudahkan pengguna smartphone dalam mendengarkan musik tanpa harus ribet memilih satu-satu karena disediakan smartplaylist. Contohnya dengan memilih 5 lagu atau lebih yang baru kita putar atau memilih lagu yang sering kita display dan masih banyak lagi pilihan yang disediakan. Manfaat selanjutnya kita dapat memilih warna, tema, dan warna icon dari aplikasi jadi tidak akan bosan dengan tampilan yang ada pada aplikasi pemutar musik,” jelas Cossa seperti dikutip dari laman Untag, Minggu (26/7/2017).

Untuk menjalankan aplikasi pemutar musik berbasis Android pilih icon Jrengg pada smartphone Android yang telah diinstal aplikasi. Kemudian dalam menu utama aplikasi pemutar musik terdapat menu playlist, dalam menu playlis user bisa membuat playlist dengan lagu sesuai dengan pilihan. Menu lagu berisi lagu yang telah ada pada smartphone.

“Untuk menu artis terdapat informasi mengenai artis, penyanyi atau grup yang kita pilih. Menu album merupakan tampilan menu lagu yang dikelompokkan menurut nama-nama album dimana lagu tersebut dikeluarkan. Menu genre menampilkan genre musik dalam lagu-lagu yang ada dalam smartphone,” paparnya.

“Selain itu juga terdapat tampilan menu setting yang dapat mengubah pengaturan aplikasi pemutar musik, tema dan warna sesuia dengan yang kita inginkan,” tutup Cossa.
×
Berita Terbaru Update