Tips Masuk Teknik Lingkungan ITB


Tidak bisa dipungkiri kondisi lingkungan saat ini amat memprihatinkan. Seperti masalah sampah yang tidak dikelola dengan baik, pencemaran air dan sebagainya.

Pentingnya masalah lingkungan membuat peran mahasiswa Teknik Lingkungan makin dibutuhkan masyarakat. Prospek kerjanya pun cukup banyak mulai dari di lembaga pemerintahan, BUMN, Swasta, dan tenaga pendidik. Seperti Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Lingkungan Hidup, dan Kehutanan, Pertambangan, minyak dan gas, makanan dan obat, Pertamina dan sebagainya.

Secara sederhana jurusan ini mempelajari cara penyelesaian masalah lingkungan dengan teknologi. Aspek yang dipelajari adalah bagaimana mengelola limbah, air bersih dan menjaga kesehatan masyarakat.

Perguruan Tinggi yang pertama kali membuka jurusan ini adalah Institut Teknologi Bandung. Makanya ITB disebut-sebut sebagai memiliki jurusan teknik lingkungan terbaik di Indonesia.

Nah Afifah Fakhrunnisa Bijaksana, mahasiswa jurusan Teknik Lingkungan ITB angkatan 2012 memberikan tips bagaimana masuk jurusan yang telah beridiri di ITB sejak tahun 1962 ini. Berikut tips masuk Teknik Lingkungan ITB :

Memiliki Energi Gemes Terhadap Masalah Lingkungan
Ilmu Teknik Lingkungan adalah belajar bagaimana mengelola lingkungan. Orang yang ingin kuliah di teknik lingkungan minimal harus punya kepekaan terhadap lingkungan.

Seperti Afifah yang memilih masuk Teknik Lingkungan karena gemes melihat lingkungan sekitarnya. Banyak sampah dimana-mana dan banyak orang buang sampah sembarangan.

“Jadi untuk masuk Teknik Lingkungan harus memiliki energi gemes”.

Banyak Tanya
Sebelum memilih jurusan Teknik Lingkungan Afifah banyak menjalin silaturahmi dengan banyak orang. Terutama, orang-orang yang berkuliah di jurusan Teknik Lingkungan. Dengan demikian Afifah bisa bertanya kepada orang tersebut dan mengetahui apa yang mereka rasakan dan apa yang sebenarnya diinginkan.

Kerja Keras Buat Belajar
Bila memiliki keinginan untuk masuk Teknik Lingkungan ITB harus kerja keras buat belajar. Kalau ada teman yang ngajak jalan, ingat bahwa kita memiliki keinginan dan memiliki tujuan yang harus dikejar. Selain itu belajarnya juga jangan teks book, tapi perbanyak ngobrol sama orang lain, searching internet dan datang ke banyak acara.

Berbakti Kepada Orang Tua
Afifah mengingatkan bahwa ridho Allah adalah ridho orang tua. Jadi menurutnya, berbakti kepada orang tua merupakan kunci diberikannya kemudahan dalam mencapai apa yang diinginkan.

Ikhlas
Manusia hanya bisa berusaha dan Allah yang menentukan. Jadi bila usaha sudah dilakukan sebaik-baiknya, maka langkah selanjutnya adalah mengikhlaskannya dan siap menerima semua hasil keputusan.

Tertarik masuk Teknik Lingkungan ITB?

*Kabar Kampus

KOMENTAR

Nama

Beasiswa,1,Event,5,Headline,23,Inovasi,10,Nasional,8,Peristiwa,21,Ragam,6,Sosok,10,
ltr
item
Berita Seputar Kampus dan Beasiswa: Tips Masuk Teknik Lingkungan ITB
Tips Masuk Teknik Lingkungan ITB
https://3.bp.blogspot.com/-1dY7SDEa6Rk/VstGpN_IThI/AAAAAAAAY54/KGuF7m7xb8k/s640/ITB.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-1dY7SDEa6Rk/VstGpN_IThI/AAAAAAAAY54/KGuF7m7xb8k/s72-c/ITB.jpg
Berita Seputar Kampus dan Beasiswa
https://kampus.cahunnes.com/2016/02/tips-masuk-teknik-lingkungan-itb.html
https://kampus.cahunnes.com/
https://kampus.cahunnes.com/
https://kampus.cahunnes.com/2016/02/tips-masuk-teknik-lingkungan-itb.html
true
3146249702171697521
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca Selengkapnya Balas Batal Balas Buang Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua REKOMENDASI LAINNYA LABEL ARSIP CARI SELURUH TULISAN Kata kunci yang kamu cari tidak ditemukan Kembali ke Beranda Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy