Advertisement

Advertisement
Ragam

Tips Masuk Teknik Lingkungan ITB

Creavida Lentera Inspirasi
Selasa, 23 Februari 2016, 00.35 WAT
Last Updated 2016-02-22T17:35:09Z
Advertisement

Tidak bisa dipungkiri kondisi lingkungan saat ini amat memprihatinkan. Seperti masalah sampah yang tidak dikelola dengan baik, pencemaran air dan sebagainya.

Pentingnya masalah lingkungan membuat peran mahasiswa Teknik Lingkungan makin dibutuhkan masyarakat. Prospek kerjanya pun cukup banyak mulai dari di lembaga pemerintahan, BUMN, Swasta, dan tenaga pendidik. Seperti Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Lingkungan Hidup, dan Kehutanan, Pertambangan, minyak dan gas, makanan dan obat, Pertamina dan sebagainya.

Secara sederhana jurusan ini mempelajari cara penyelesaian masalah lingkungan dengan teknologi. Aspek yang dipelajari adalah bagaimana mengelola limbah, air bersih dan menjaga kesehatan masyarakat.

Perguruan Tinggi yang pertama kali membuka jurusan ini adalah Institut Teknologi Bandung. Makanya ITB disebut-sebut sebagai memiliki jurusan teknik lingkungan terbaik di Indonesia.

Nah Afifah Fakhrunnisa Bijaksana, mahasiswa jurusan Teknik Lingkungan ITB angkatan 2012 memberikan tips bagaimana masuk jurusan yang telah beridiri di ITB sejak tahun 1962 ini. Berikut tips masuk Teknik Lingkungan ITB :

Memiliki Energi Gemes Terhadap Masalah Lingkungan
Ilmu Teknik Lingkungan adalah belajar bagaimana mengelola lingkungan. Orang yang ingin kuliah di teknik lingkungan minimal harus punya kepekaan terhadap lingkungan.

Seperti Afifah yang memilih masuk Teknik Lingkungan karena gemes melihat lingkungan sekitarnya. Banyak sampah dimana-mana dan banyak orang buang sampah sembarangan.

“Jadi untuk masuk Teknik Lingkungan harus memiliki energi gemes”.

Banyak Tanya
Sebelum memilih jurusan Teknik Lingkungan Afifah banyak menjalin silaturahmi dengan banyak orang. Terutama, orang-orang yang berkuliah di jurusan Teknik Lingkungan. Dengan demikian Afifah bisa bertanya kepada orang tersebut dan mengetahui apa yang mereka rasakan dan apa yang sebenarnya diinginkan.

Kerja Keras Buat Belajar
Bila memiliki keinginan untuk masuk Teknik Lingkungan ITB harus kerja keras buat belajar. Kalau ada teman yang ngajak jalan, ingat bahwa kita memiliki keinginan dan memiliki tujuan yang harus dikejar. Selain itu belajarnya juga jangan teks book, tapi perbanyak ngobrol sama orang lain, searching internet dan datang ke banyak acara.

Berbakti Kepada Orang Tua
Afifah mengingatkan bahwa ridho Allah adalah ridho orang tua. Jadi menurutnya, berbakti kepada orang tua merupakan kunci diberikannya kemudahan dalam mencapai apa yang diinginkan.

Ikhlas
Manusia hanya bisa berusaha dan Allah yang menentukan. Jadi bila usaha sudah dilakukan sebaik-baiknya, maka langkah selanjutnya adalah mengikhlaskannya dan siap menerima semua hasil keputusan.

Tertarik masuk Teknik Lingkungan ITB?

*Kabar Kampus

TrendingMore