Advertisement

Advertisement
Ragam

Ini Industri Paling Banyak Dicari Job Seeker

Creavida Lentera Inspirasi
Selasa, 23 Februari 2016, 00.30 WAT
Last Updated 2016-02-22T17:30:02Z
Advertisement

Usai lulus kuliah, fresh graduate harus mulai bersaing dalam pasar tenaga kerja. Di lapangan sendiri ada beberapa industri yang menjadi tren di kalangan para job seeker sehingga persaingan antarpelamar kian ketat.

"Saat ini, salah satu sektor yang paling banyak dicari dan menjadi hits adalah retail," ujar Rektor Unika Atma Jaya Jakarta , Dr Agustinus Prasetyantoko, dalam Talkshow Demand vs Supply Tenaga Kerja di Locanda, Jakarta, Kamis (18/2/2016).

Dalam data Karir.com, ada 104.423 pelamar yang mengajukan diri bekerja di industri retail pada entry level. Sementara, lowongan kerja yang tersedia di level pemula itu hanya 2.617 pos.

Khusus di bidang information technology (IT), ada 67.577 orang melamar pekerjaan di entry level. Mereka bersaing untuk mendapatkan salah satu dari 2.246 lowongan pekerjaan yang tersedia.

CEO Karir.com, Dino Martin menambahkan, bidang lain yang mencari banyak lulusan perguruan tinggi adalah keuangan dan properti. Bahkan karena banyaknya kebutuhan akan dunia keuangan, lulusan D-3 pun banyak terserap di dunia kerja.

"Lulusan S-1 saat ini paling banyak terserap di bidang properti. Sedangkan untuk D-3 itu jurusan keuangan," tambahnya.

[Okezone]

TrendingMore