Advertisement

Advertisement
HeadlineInovasi

Kulit Mulus dengan Masker Cangkang Telur

Creavida Lentera Inspirasi
Selasa, 23 Februari 2016, 00.26 WAT
Last Updated 2016-02-22T17:26:51Z
Advertisement

Masker merupakan salah satu metode perawatan kulit secara alami untuk memutihkan, menghaluskan maupun melembabkan kulit wajah. Hingga saat ini, masker masih dibutuhkan masyarakat khususnya wanita untuk perawatan wajah dan menjaga penampilannya. Berkaitan hal itu, sejumlah mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berinovasi membuat masker kulit berbahan dasar cangkang telur.

Mereka adalah Ujang Herlan Permana dari Program Studi (prodi) Pendidikan Matematika dan Desi Novi Dayana dari Prodi Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), serta Luthfi Nurlaily dan Karyati dari Prodi Pendidikan Akuntansi, dan Chatarina Ayu dari Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi (FE) UNY.

Ujang Herlan Permana mengatakan, hingga saat ini telah tercipta berbagai jenis produk perawatan wajah dengan variasi bahan baku yang digunakan, antara lain bengkuang, beras, sampai cokelat. Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat masker tersebut merupakan bahan-bahan alami yang memberikan banyak manfaat serta sebisa mungkin tidak memberikan dampak buruk.

"Selama ini masker yang beredar di pasaran mengandung bahan kimia, oleh karena itu sekelompok mahasiswa UNY membuat masker berbahan alami dari cangkang telur," ujarnya.

Dia menjelaskan, cangkang telur memiliki kalsium dan mineral yang sangat dibutuhkan untuk perawatan kulit, khususnya memutihkan dan membuat kulit tampak lebih cerah.

"Dalam kehidupan sehari-hari penggunaan telur ayam sangat banyak dijumpai. Banyaknya jenis masakan yang menggunakan telur ayam mengakibatkan peningkatan jumlah limbah cangkang telurnya. Dari sinilah tercetus ide untuk memanfaatkan limbah tersebut sekaligus meningkatkan nilai ekonomi cangkang telur," paparnya.

Sedangkan Luthfi Nurlaily menuturkan, cara pembuatan masker yang disebut crem cate (krim cangkang telur) ini cukup sederhana. Bahan yang digunakan adalah cangkang telur yang telah disterilkan, talc, glycerin, propilen glikol, carboxy methyl cellulose, aroma therapy, tepung beras dan air. Cangkang telur dihaluskan kemudian dicampurkan dengan bahan-bahan tersebut.

Adonan ini membentuk krim yang siap dikemas dalam botol. Pengguna crem cate, setelah menggunakan crem ini wajahnya menjadi bebas jerawat, serta wajah menjadi segar, kulit menjadi lebih kencang dan halus.Kreativitas ini berhasil meraih dana Dikti dalam program kreativitas mahasiswa bidang kewirausahaan.

Ia menambahkan, kulit membutuhkan beberapa vitamin, seperti vitamin A yang diperlukan tubuh untuk merangsang perbaikan sel-sel kulit, vitamin C yang diperlukan untuk memproduksi kolagen, protein yang sangat diperlukan agar kulit elastis, kencang, dan bebas keriput serta vitamin E yang dibutuhkan kulit untuk menjaga kesatuan jaringan kulit.

[Okezone.com]

TrendingMore