Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Aplikasi Pantau Kehamilan dari UGM

Selasa, 23 Februari 2016 | 00.23 WIB Last Updated 2016-02-22T17:23:21Z

Setiap ibu hamil ingin supaya bayi yang ada di dalam kandungannya sehat hingga lahir ke dunia. Untuk itu, mereka perlu mendapatkan informasi lengkap mengenai pola makan dan kegiatan, serta indikator kesehatan yang harus dicapai saat masa kehamilan.

Berangkat dari situ lima mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) yang terdiri dari Nissa Amelia Pahlevy, Bagus Avianto Putra Perdana, Nindya Dini Pangestika, Fury Oktria Putra, dan Irfan Haris terinspirasi mengembangkan aplikasi yang bertujuan memberikan edukasi kepada ibu hamil.

"Aplikasi ini dinamai Prelite. Aplikasi ini dilengkapi dengan fasilitas reminder untuk mengingatkan apa yang harus dikonsumsi dan dilakukan ibu selama hamil setiap hari berdasarkan semester yang dijalani," ujar Fury, dikutip dari laman UGM, Jumat (19/2/2016).

Mahasiswa Jurusan Teknik Industri itu mengungkapkan, Prelite merupakan aplikasi berbayar. Beberapa informasi yang dapat ditemukan melalui Prelite antara lain, seputar indikator kesehatan selama hamil, asupan nutrisi, dan kegiatan yang disarankan untuk ibu hamil.

"Melalui Prelite ibu hamil juga dapat melakukan konsultasi dengan dokter secara online. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai macam informasi mengenai kesehatan ibu dan kandungannya beserta pertolongan pertama pada keluhan-keluhan yang sering dihadapi oleh ibu hamil," terangnya.

Selain memberikan informasi, Prelite dapat dimanfaatkan untuk mencatat riwayat kesehatan ibu selama masa kehamilan. Hal ini sama seperti fungsi Kartu Ibu dan Anak (KIA) yang digunakan oleh dokter.

"Keunggulan aplikasi ini dibandingkan dengan KIA adalah dengan tercatatnya riwayat kesehatan ibu secara digital, sehingga dapat diakses kapan pun dan di mana pun jika dibutuhkan," ucapnya.

Dengan adanya aplikasi ini, Fury dan rekan-rekannya berharap ibu hamil dapat menjaga kualitas kesehatan, baik dari saat mengandung hingga pascamelahirkan.

[Okezone.com]
×
Berita Terbaru Update