Advertisement

Advertisement
HeadlineSosok

Membuat Batu Bata, Mendulang Prestasi di Kampus

Creavida Lentera Inspirasi
Senin, 22 Februari 2016, 10.54 WAT
Last Updated 2016-02-22T03:54:38Z
Advertisement

Memasang cetakan di tanah, lalu memasukkan tanah liat basah ke dalamnya hingga padat, diratakan, diciprati air, kemudian mengeringkannya di bawah sinar matahari adalah aktivitas sehari-hari mahasiswi yang satu ini. Namun siapa sangka, di kampusnya ia adalah seorang aktivis dan juga peraih IPK 3.71.

Dialah Ettikasari, mahasiswi prodi Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Ettikasari yang akrab disapa Tika ini juga merupakan mahasiswi peraih beasiswa Bidikmisi.

Gadis kelahiran Klaten 23 Desember 1994 mengisahkan, kegiatan membuat batu bata telah dilakukan sejak SMP hingga duduk di bangku kuliah. Kegiatan tersebut adalah untuk membantu ayahnya yang bekerja sebagai pembuat batu bata.

“Setelah kuliah, saya hanya bisa membantu orangtua saat libur di rumah” kata Tika, sapaan akrabnya.

Menurut Tika, pada awalnya dia tidak berniat untuk kuliah mengingat keterbatasan ekonomi keluarganya. Namun karena berprestasi selama menuntut ilmu di SMKN 1 Klaten, warga desa Ngunut, Kelurahan Brangkal, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten ini memperoleh beasiswa dari Titian Foundation.

“Saya diberi motivasi oleh alumni Titian agar melanjutkan kuliah. Bahkan juga dibiayai untuk ikut bimbingan belajar,” ungkapnya.

Hingga akhirnya ia bisa diterima di bangku kuliah. Kesempatan ini pun kemudian tidak disia-siakan Tika. Selama di kampus ia aktif di UKM Penelitian UNY dan Himpunan Mahasiswa Administrasi Pendidikan FIP UNY. Selain itu ia juga meraih indeks prestasi kumulatif 3,71 dan menghasilkan beberapa karya Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), diantaranya berjudul Analisis Kesejahteraan Keluarga TNI di Daerah Sribit Wonosobo dan Pembuatan Movable Book Sebagai Media Pembelajatan Kreatif di TK.

“Buat saya, aktif di kegiatan kemahasiswaan itu mengasyikkan, karena ada tantangannya. Seperti manajemen waktu, membuat prioritas mana hal yang harus dikerjakan lebih dahulu, dan sebagainya,” ungkap Tika yang selalu meraih ranking pertama sejak sekolah dasar tersebut dan peraih juara II Mahasiswa Berprestasi Tingkat Jurusan pada tahun 2014 dan 2015 ini.

Sekarang Tika sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti Program Pengalaman Lapangan (PPL). Rencananya akan dilaksanakan di Dinas Pendidikan Kab. Klaten serta KKN, sekaligus mempersiapkan skripsi sebagai tugas akhir menempuh perkuliahan di UNY.

[Sumber]

TrendingMore