Mahasiswa UB Teliti Pengembangan Beras Tiruan


MALANG - Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur, mulai melakukan penelitian untuk pengembangan beras tiruan (artifisial). Bahan baku yang mereka pilih pun bervariasi, seperti singkong dan jagung.

"Saat ini masih dalam tahap penelitian dan percobaan. Sedangkan berasnya masih belum diproduksi karena kami masih menunggu dari pihak kampus dulu," kata Dekan Fakultas Pertanian (FP) Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur Dr Sudarminto di Malang, Sabtu (20/2/2016).

Sudarminto mengemukakan, yang dimaksud beras tiruan itu bukan beras palsu yang terbuat dari plastik yang sempat heboh beberapa waktu lalu. "Beras tiruan yang masih dalam taraf penelitian dan percobaan itu akan segera diproduksi dan memiliki rasa serta tingkat gizi yang bervariasi, tergantung bahan baku dan takaran gizinya," tegasnya.

Menurut dia, beras tiruan yang nanti diproduksi dan beras asli itu sama-sama bergizi, namun memiliki harga yang berbeda. Beras tiruan itu nanti diperkirakan harga jualnya lebih ekonomis (murah) daripada beras asli. Bahan beras tiruan ini beraneka macam, bisa dari singkong, sagu, terigu, ubi, jagung dan beberapa bahan lainnya.

"Pastinya menggunakan bahan asli dari hasil bumi dan bahan-bahan tersebut tidak mengurangi nilai protein dan gizi dari beras tiruan tersebut," ujarnya.

Kelebihan beras tiruan karya mahasiswa FP UB ini, lanjutnya, konsumen mampu mengukur sendiri nilai gizi dan protein yang mereka inginkan, sebab konsumen bisa memformulasikan sendiri sesuai keinginan. "Komposisi bahan yang akan dimasak bisa disesuaikan dengan keinginan dan selera konsumen, pokoknya lebih fleksibel," ucapnya.

Menyinggung kapan beras tiruan berbahan baku berbagai komoditas pangan seperti singkong, sagu, terigu, maupun jagung tersebut, Sudarminto mengaku masih menunggu kebijakan dari kampus (rektorat). "Yang pasti kami sudah siap karena hasil penelitian dan percobaannya tinggal mematangkan dengan komposisi yang paling ideal untuk konsumen," pungkasnya.

[Sumber]

KOMENTAR

Nama

Beasiswa,1,Event,5,Headline,23,Inovasi,10,Nasional,8,Peristiwa,21,Ragam,6,Sosok,10,
ltr
item
Berita Seputar Kampus dan Beasiswa: Mahasiswa UB Teliti Pengembangan Beras Tiruan
Mahasiswa UB Teliti Pengembangan Beras Tiruan
https://4.bp.blogspot.com/-DxM2YFabcOE/VsqJLVlpe4I/AAAAAAAAY3s/Cp48WeEzzNQ/s640/Beras.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-DxM2YFabcOE/VsqJLVlpe4I/AAAAAAAAY3s/Cp48WeEzzNQ/s72-c/Beras.jpg
Berita Seputar Kampus dan Beasiswa
https://kampus.cahunnes.com/2016/02/mahasiswa-ub-teliti-pengembangan-beras.html
https://kampus.cahunnes.com/
https://kampus.cahunnes.com/
https://kampus.cahunnes.com/2016/02/mahasiswa-ub-teliti-pengembangan-beras.html
true
3146249702171697521
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca Selengkapnya Balas Batal Balas Buang Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua REKOMENDASI LAINNYA LABEL ARSIP CARI SELURUH TULISAN Kata kunci yang kamu cari tidak ditemukan Kembali ke Beranda Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy